Monday, March 18, 2013

Teknologi Informasi dalam Keperawatan

Informatika dalam keperawatan adalah kombinasi ilmu komputer dan informasi dengan ilmu keperawatan. Informatika keperawatan adalah bagian dari informatika perawatan kesehatan yang lebih besar. Perawat dipersiapkan sebagai spesialis dalam bidang ini, yang pasti seorang perawat harus melek Teknologi Informasi.
Salah satu contoh pemanfaatan Teknologi Informasi yaitu penggunaan gadget, misalnya PDA. Dengan gadget ini, seorang perawat bisa melakukan pengumpulan database pasien, organizer, mengakses secara cepat informasi tentang obat dan penyakit, perhitungan kalkulasi obat dan juga bisa digunakan untuk membuat rencana asuhan keperawatan. Kalau lagi waktu luang, kan bisa juga buat update status. :mrgreen:
PDA nurse
Penerapan Teknologi Informasi dalam keperawatan lainnya seperti sistem registrasi online, penggunaan robot untuk merawat pasien, telenursing, yaitu penggunaan Teknologi Informasi dalam pelayan keperawatan, dan berbagai hal lainnya.
Disamping kelebihan dan manfaat yang dapat kita ambil, tentu saja ada kemudharatan di balik itu semua, namanya juga manusia yang ngebuatnya, kekurangan pasti ada. Yang paling utama adalah hilangnya sisi humanism!!

Perawat Spesialis Teknologi Informasi

Oh ya, FYI aja, ada yang namanya Nursing Informatic atau Perawat Informatik, yakni perawat yang spesialisasinya di bidang Teknologi Informasi.

Namun, sayang seribu sayang, profesi satu ini belum ada di Indonesia, selain faktor ketersedian fasilitas, kalau ingin jadi perawat informatik harus ngambil program S2-nya dulu, kalau mau berarti harus menimba ilmunya ke Amrik sana, paling banter sih ke Australia. 8O
Yah, mudah-mudahan aja lah saya bisa jadi, amien ya.. :D

Kesimpulannya…

Teknologi Informasi membantu manusia dalam berbagai bidang kehidupannya, salah satunya dalam bidang kesehatan, ya khususnya keperawatan. Diharapkan, dengan penggunaan TI ini, perawat dan klien sama-sama senang.
Teknologi Informasi juga bagai dua buah mata uang, meski terdapat banyak manfaat positif, pasti ada hal negatifnya juga, itu memang sebuah keniscayaan. Maka, kitalah sebagai pemakai, yang harus bisa menggunakannya secara bijak. :D

No comments:

Post a Comment